Minggu, 23 Maret 2014

Kata 'MAAF', Mudah & Manfaat

Interaksi dengan banyak orang adalah sebuah kebutuhan orang - orang biasa, sama halnya membutuhkan makan, minum, udara, dan sebagainya. Dalam berinteraksi, tentu melibatkan komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Yang secara langsung, mungkin bisa diambil contoh ketika kita mengobrol dengan teman bicara yang ada di hadapan kita, yang tidak langsung bisa secara sebaliknya, mengobrol tapi tidak berhadapan, semisal ketika saling memberi komentar di jejaring sosial.
Interaksi, dalam konteks ini komunikasi praktis, ada kalanya sangat mudah dipahami oleh teman bicara, sedikit membutuhkan penyederhanaan penyampaian sampai yang sulit dipahami. Dalam pendidikan keluarga yang diterima penulis, komunikasi yang efektif itu  memudahkan kita memiliki banyak teman, banyak belajar dan boleh jadi peluang kesuksesan. Memasuki kehidupan orang lain yang baru kita kenal - teman baru - relatif lebih mudah daripada mempertahankannya untuk tetap berteman dan menjalin komunikasi yang efektif. Ada tips pergaulan atau komunikasi yang menjadi referensi, yaitu nasehat bapak tentang baiknya kita lakukan dalam pergaulan dengan siapapun, yaitu :
1. Bertanya jika kita tidak tahu, tapi tentu saja keingintahuan kita adalah pada hal-hal yang diperbolehkan untuk diketahui, menghargai ranah privasi teman/rekan. 
2. Meminta tolong ketika kita membutuhkan bantuan, tentu saja tidak melebihi batas hingga cenderung terlalu bergantung pada pertolongan orang lain. 
3. Meminta maaf ketika kita melakukan kesalahan atau memberi maaf ketika ada kesalahan orang lain terhadap kita.
Kesemuanya sikap dalam 3 tips diatas bukanlah bawaan genetik, tetapi sebuah prilaku yang terbentuk dari latihan terus menerus sehingga tumbuh menjadi karakter. Pelatihannya bisa membutuhkan waktu yang sebentar jika mau, tapi ada pula pribadi-pribadi yang memerlukan waktu lebih lama, semua itu sangat bergantung pada kesungguhan melakukannya. Lalu kapan masa yang tepat untuk melatihnya? Jawabannya bisa dibaca dari link artikel di bawah ini:
Melatih mengucapkan maaf itu mudah

Selamat Membaca & Belajar, teman - teman!
Salam Semangat Bersenang-senang di Jalan yang Benar ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar